Get Adobe Flash player
September 2017
M T W T F S S
     
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Kuratorial

BINGKAI KURATORIAL PAMERAN
ART EDUCARE # 4: Back To Basic
Oleh Adam Wahida

Lingkungan sekitar seperti alam, benda, fenomena sosial, teknologi kerap kali menjadi sumber inspirasi penciptaan karya seni rupa. Dalam lingkungan tersebut tak jarang kita temui ragam unsur, nilai, dan makna visual yang hadir. Alam mampu menghadirkan estetik yang dapat direspon secara simpati maupun empati. Konflik dan fenomena sosial juga menjadi wahana bagi perupa untuk merespon dengan nalar kritisnya. Benda dan teknologi buatan manusia yang menampilkan keelokan visual dan kerja mekanis yang canggih juga tak luput dari rasa dan pikiran perupa, dari sekedar mengamini sampai mengkritisi hegemoninya.

Fakta sudah menunjukkan bahwa lingkungan sekitar telah menghadirkan ragam visual yang menarik, unik, dan estetik. Kita dapat meyakini bahwa benda-benda yang bertebaran tersebut memiliki potensi sebagai sumber penciptaan karya seni rupa. Dari aspek fisik atau nilainya dapat diolah dan dieksekusikan menjadi karya. Bahan baku benda seperti plastik, kaca, kain, logam, besi, kayu, batu, tanah ,bambu, rotan memiliki potensi untuk digali dan dimaknai menjadi karya seni rupa. Begitu pula aspek kebentukan dari benda juga mengandung unsur-unsur seni rupa (garis, warna, bidang, tekstur) dan prinsip seni rupa (keseimbangan, kesatuan, proporsi, keruangan). Sedangkan dari aspek fungsi, juga memiliki fungsi estetis ataupun fungsi praktis.

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia pendidikan seni rupa, setidaknya kita memiliki kesadaran akan berbagai potensi visual yang bertebaran dalam budaya benda. Dengan demikian, ide penciptaan seni tidak akan pernah kering karena kita mampu melibatkan segala cita rasa dan intelektual untuk mengolah dan memaknainya sebagai karya seni rupa yang baru. Meski memang tidak mudah untuk mengeksekusikannya, namun setidaknya akan muncul cara pandang baru bahwa potensi seni rupa sebenarnya hadir dalam keseharian dan melingkungi diri manusia.

Oleh karena itu melalui pameran Art Educare #4: Back to Basic ini, kami mengajak mahasiswa dan dosen dari berbagai LPTK seni rupa di Indonesia dan Malaysia untuk merespon, menggali, mengeksekusi dan memaknai benda-benda di sekitarnya menjadi karya seni rupa yang baru dan segar. Kegiatan ini merupakan upaya eksplorasi untuk mencari berbagai kemungkinan artistik dan estetik melalui media alternatif. Dengan demikian akan diperoleh karya-karya seni rupa yang dinamis dan LPTK menjadi wahana bagi tumbuhnya karya-karya baru yang sesuai dengan jiwa jaman. Disamping itu civitas akademika di LPTK seni rupa dapat melaksanakan tugasnya untuk memberikan kesadaran kepada khalayak luas bahwa seni rupa itu sesungguhnya hadir sehari-hari di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>